Friday, February 15, 2008

Jelang MU vs Arsenal: Adu Tajam Adebayor-Ronaldo



Emmanuel Adebayor dan Cristiano Ronaldo sama-sama jadi bomber maut buat timnya masing-masing. Saat Arsenal dan Manchester United berhadapan akhir pekan ini di Piala FA, siapa yang bakal mampu menambah perolehan golnya?
Di papan pencetak gol terbanyak Premiership, nama Adebayor dan Ronaldo bersanding di puncak dengan torehan setara yakni 19 gol. Untuk jumlah gol di seluruh kompetisi Ronaldo memang lebih unggul dengan mengemas total 27 gol, unggul lima gol dari Adebayor. Meski begitu, bomber The Gunners tersebut kini sedang on fire dengan selalu mencetak gol --yang berjumlah 13 gol-- dalam sembilan penampilan terakhirnya.
Pada ajang Piala FA, Ronaldo juga unggul satu gol dari Adebayor. Lewat dua penampilan, menghadapi Tottenham Hotspur dan Aston Villa, tiga gol diceploskan winger 23 tahun tersebut. Sedangkan Adebayor baru membuat dua gol dari satu laga melawan Newcastle United di babak keempat Piala FA.
Atas ketajamannya, kedua pemain tersebut sedang berproses dalam membuat rekor. Ronaldo sedang berupaya menjadi pemain sayap tertajam MU dengan melebihi raihan gol George Best yang berjumlah 32 gol dalam semusim. Sedangkan Adebayor kini mendekati rekor penyerang legendaris Arsenal Ian Wright yang selalu mencetak gol dalam 12 penampilan beruntun.
Terhadap performa Adebayor yang kian luar biasa tajam itu, Arsene Wenger pun sepertinya sedikit keheranan. "Saya tak tahu ada apa. Pastinya dia sudah menemukan tempat untuk mengekpresikan bakat dan dia sadar ini adalah kesempatan luar biasa. Tapi itu juga merupakan talenta dan dedikasi. Kami mengubahnya atau malah dia sendiri yang menyadari sudah cukup membuang-buang waktu. Entahlah saya tidak tahu," ceplos Wenger seperti dilansir Yahoosport.
Sementara di kubu MU, kembalinya Wayne Rooney bakal menjadikan serangan "Setan Merah" jadi lebih tajam sekaligus membuat penjagaan lawan tak hanya terkonsentrasi kepada Ronaldo. Ketidakhadiran Rooney yang berakibat penjagaan ketat terhadap Ronaldo adalah salah satu kunci keberhasilan Manchester City menekuk MU di laga Premiership pekan lalu.
Jika dalam pertandingan Babak Kelima Piala FA Sabtu (16/2/2008) nanti Ronaldo bisa tampil lebih leluasa, bukan tak mungkin gawang Arsenal akan dikoyaknya. Tapi sebaliknya MU juga harus senantiasa waspada kepada Adebayor yang tajamnya luar biasa. Dahsyat? Pasti.

No comments: